Tuesday, March 1, 2011

Pengganti Sir Alex Janganlah Yang Masih Muda

Di usia yang semakin bertambah, Sir Alex Ferguson sempat menyatakan akan mempertimbangkan untuk pensiun. Mencari pelatih yang pantas untuk mengisi kursi pelatih Manchester United pun juga mulai dilakukannya.

Sir Alex Ferguson masih 45 tahun dan dipenuhi ambisi menggebu-gebu saat mulai menangani MU pada 1986. Dia sebelumnya tidak pernah menjadi pelatih di Inggris. Meski demikian, pelatih asal Skotlandia itu mengingatkan MU tidak boleh lagi bertaruh merekrut pelatih muda seperti ketika merekrutnya 24 tahun silam itu.




Pasalnya, sepakbola modern nan rumit yang memadukan olahraga dan industri merupakan tantangan yang hanya bisa dijawab oleh pelatih yang matang pengalaman alias senior.Menetapkan kriteria adalah salah satu hal yang dilakukan Sir Alex yang kepemimpinannya di Old Trafford memasuki senjakala. Menurutnya, nakhoda Old Trafford seharusnya orang yang memiliki segudang pengalaman pribadi yang cukup mumpuni.
"Jujur saja, saya tidak yakin The Red Devils bisa menjalani kompetisi dengan dipimpin oleh pelatih berusia muda," ujarnya seperti yang dikutip Soccernet.

"Pekerjaan ini adalah pekerjaan yang membutuhkan banyak pengalaman pdi level teratas. Kami memiliki keuntungan dari 24 tahun pengalaman saya di klub. Karena itu, kami bisa mengatasi semua masalah," tutur pelatih berusia 68 tahun ini.

Sir Alex juga menekankan penggantinya kelak tak hanya harus memiliki pengalaman, tapi juga harus tahu bagaimana mengatasi masalah yang mendapat sorotan publik

"Di Manchester United, Anda tak boleh gampang terkejut. Selalu saja ada yang terjadi di klub dan selalu ada masalah yang harus diatasi.","Saya rasa Anda tak bisa menyanggah kami mendapat sorotan dari publik yang kami tidak nikmati, tapi Anda harus menghadapi situasi ini dan saya rasa kami bisa mengatasinya dengan baik," papar Fergie.


No comments:

Post a Comment